Senin, 14 Juni 2010

Jailbreak

Jailbreak merupakan proses pembobolan kedalam partisi system dari ipod itu sendiri. Partisi dalam ipod terbagi menjadi 2 yaitu system dan media. System pada ipod sebenarnya telah dikunci dari pihak Apple untuk membatasi kita dalam menginstal applikasi yang berasal bukan dari itunes store.


Software yang dapat digunakan dalam proses jailbreak contoh'a adalah redsnow, pwnagetool, Yellowsn0w, QuickPwn, spirit, dll. Setiap software ini juga mempunyai batasan tertentu dalam hal firmware. Singkat'a setiap software biasa'a hanya berfungsi pada firmware tertentu saja. Jadi perlu diingat untuk mengecek firmware anda dahulu sebelum melakukan jailbreak.

Setelah proses jailbreak ini, kita diistilahkan sudah dapat masuk kedalam partisi system yang arti'a akan aktif'a fungsi fungsi yang sebelum'a terkunci.
Fungsi fungsi tersebut adalah
  • dapat menginstal aplikasi yang bukan berasal dari itunes store.
  • dapat melakukan tweeking visualisasi ipod.
  • ntuk tingkat yang lebih tinggi'a dapat memberikan "perintah perintah" melalui scripting.

Dalam proses jailbreak mungkin saja terdapat kegagalan. Akibat dari kegagalan tersebut bisa memungkinkan ipod anda berfungsi dengan tidak normal atau malah mati total. Serem ya..Untuk itu berfikirlah lebih dahulu sebelum melakukan jailbreak. Apabila proses Jailbreak berhasil tetapi ipod anda berfungsi dengan tidak normal, anda masih dapat melakukan proses restore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar